-

mengulas tips dan trik seputar game, aplikasi, software, dan kehidupan sehari-hari.

Nuk Nuk

LightBlog

TERBARU

Friday, August 21, 2015

Panduan Membuat Meme Comic Sendiri Dengan Mudah

Meme Comic menjadi pembicaraan yang ngetren belakangan ini. Mulai dari anak SD, sampai yang sudah berumur semua menyukai Meme. Kenapa? Tentunya karena gambar-gambar sederhana dan mudah dimengerti oleh nalar kebanyakan orang . Juga karena kebanyakan Meme dibuat berdasarkan Kenyataan sehari-hari atau dengan istilahnya True Story Meme.

Saya yakin banyak sekali sebenarnya diantara teman-teman sekalian yang memiliki Ide-ide lucu untuk dijadikan Meme , tetapi terhambat oleh ketidakbisaan memakai Aplikasi Photoshop.

Nah disini saya akan coba membagikan sedikit panduan kepada kawan-kawan semua tentang bagaimana cara membuat Meme Comic anda sendiri dengan gampang dan mudah. Ada beberapa cara dalam membuat meme anda sendiri. Cara/Panduan yang saya bagikan disini terbatas sekali. Jadi kuncinya adalah kreatifitas kawan-kawan semua dalam mengotak atik aplikasi Photoshop dan beberapa aplikasi lainnya. Berikut adalah beberapa aplikasi yang biasa saya gunakan dalam menuangkan ide yang saya punya menjadi sebuah meme.

List Aplikasi/Software yang dibutuhkan :
- Adobe Photoshop CS 3
- Paint
- Photoscape

Di atas tersebut adalah 3 aplikasi / Software wajib ada bagi saya. Bagi yang punya aplikasi tambahan silahkan pakai sesuka anda, karena sangat dibutuhkan kreatifitas disini. Diantara 3 aplikasi tersebut juga hanya satu aplikasi yang tidak ada pada bawaan windows. Selebihnya saya tampaknya tidak ada kendala karena Paint dan Photoscape merupakan aplikasi bawaan. Nah langsung saja kita mulai panduan mudah membuat Meme Comic buatan sendiri. Yuk Cekidot:

1. Pertama kita perlu bahan dalam membuat meme. 
Bahan disini adalah mentahan atau gambar tokoh-tokoh dunia meme. Mentahan itu dapat kita dapatkan mesin pencari atau buat sketsanya sendiri juga bisa. Berikut adalah contoh mentahnya :

 (Contoh Mentahan Meme)


2. Memberi teks (tulisan).
Disini saya akan bagikan cara memberi text pada Mentahan Meme. Caranya? Silahkan diikuti caranya dibawah berikut. Saya akan memberi contoh dengan menggunakan meme Maddog seperti di bawah ini :

(Source : MemeGenerator)

Panduan : Buka Paint, dan cari file mentahan Maddog. Atau biar gampangnya cari file dengan Windows Explorer, Klik kanan pada file > Open With > Paint. Selanjutnya klik icon A seperti gambar di bawah ini.

(Contoh Gambar)

Nah, icon A yang saya tandai pada gambar diatas itu fungsinya untuk menambahkan text pada gambar. Silahkan di Klik, kemudian klik pada area gambar yang hendak diberikan Text.

(Contoh Gambar)

Kemudian ketikkan kata-kata yang hendak anda buat dan blok dengan cara Ctrl + A. Keterangan di gambar :
1. Itu adalah barisan untuk memilih warna pada text (Terlebih dahulu di blok Tulisannya)
2. Itu adalah Numeric untuk ukuran Huruf yang anda inginkan (Juga perlu di Blok)

3. Panduan : Mengcrop Gambar
Nah itu tadi adalah cara memberi text pada Meme. Sekarang akan maju ke cara Pengcroppan Gambar untuk mengganti Face/Wajah/Muka pada gambar. Disini saya akan membagikan cara yang sederhana sekali. Untuk level lebih lanjut silahkan Bertanya pada Google karena saya juga sedang belajar. Nah, bagaimana cara mengganti face di Meme? Disini kita membutuhkan Photoshop (Saya menggunakan Photoshop CS3)

  • Kita butuh 2 file, Gambar mentahan dan Gambar target
  • Contohnya disini kita akan mengganti face Maddog dengan Dijjah Yellow. Berarti kita butuh Gambar Si Yellow dan om Maddog.
  • Buka gambar Yellow dan Maddog dengan Photoshop. Seperti dibawah ini kira-kira.




  • Sudah terbuka. Sekarang cari tool LARSO TOOL (Tool ini berfungsi untuk meng-crop gambar dengan bentuk terserah kita. Berikut penampakan Larso Tool kalau Agan tidak tahu yang mana



  • Sudah dapat Larso Toolnya? Sekarang mulai tandai pinggiran muka si Dijjah, sesuaikan dengan yang kalian Mau. Kalau sudah sempurna (dari awal tandain sampai ujung tanda sudah ketemu, sekarang pilih Move tool (Klik V) atau cari tool yang paling atas dan Drag wajah yang sudah kalian tandai tadi ke arah wajah om Maddog. Dan selesai sudah.


Sekian dulu tutorial hari ini. Apabila ada keluhan atau umpatan kepada admin karena mengeshare hal-hal yang anak SD pun bisa, silahkan . Karena bagi admin, sekecil apapun itu kalau bisa saya bagikan maka akan saya bagi, karena berbagi itu wajib bagi sesama manusia. Terima kasih karena sudah berkunjung.

No comments:

Post a Comment