-

mengulas tips dan trik seputar game, aplikasi, software, dan kehidupan sehari-hari.

Nuk Nuk

LightBlog

TERBARU

Friday, August 21, 2015

6 Langkah Mudah Mempercepat Kinerja Android yang Lamban

Sebagai pengguna smartphone khususnya android terkadang menginginkan kecepatan dalam menggunakan aplikasi di dalamnya. Namun, terkadang ponsel Android akan menjadi lambat. Dalam hal ini sebenarnya jika jeli dan teliti ada beberapa hal yang bisa membuat ponsel android yang lambat. Oleh karena itu, berikut saya akan berbagi pengalaman agar dapat mengatasi sistem android yang melambat dan mempercepat kinerjanya :

Kinerja Android Melamban

1. Hapus Aplikasi Online
Aplikasi online adalah sumber yang akan menguras daya baterai ini sudah jelas sekali, Tapi ada alasan lain yang perlu kamu ketahui yaitu tentang ponsel android yang lambat karena disebabkan aplikasi online yang terus menerus. Sehingga ketika mulai start buka aplikasi lainnya akan terasa lambat. Hal ini disebabkan RAM pada ponsel bekerja sangat keras. jadi mau tidak mau semua apalikasi yang dimuat akan melambat. Solusinya adalah hapus aplikasi online pada ponsel. Hal ini akan mengurangi kerja RAM yang sangat berat sehingga ketika sudah melakukan hal ini maka Hp Android akan lebih cepat dari biasanya.

2. Hapus Data Cache dan History
Solusi Untuk Ponsel Android Yang Lambat yang kedua adalah menghapus semua cache dan history yang tersimpan pada ponsel android. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi penghapus cache. Hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja Android menjadi normal kembali. Cache dan History memang menjadi salah satu kendala besar pada RAM ponsel. jadi alangkah baiknya gunakan rekomendasi di atas untuk mempercepat kinerja ponsel android. 

3. Hapus Aplikasi Tidak Digunakan
Menghapus aplikasi yang tidak sering digunakan sangat perlu sekali agar ponsel android yang lambat menjadi normal kembali, Banyak kasus ponsel yang lemot disebabkan banyaknya aplikasi yang terinstal. Oleh karena itu, sekarang waktunya untuk menghapus semua aplikasi yang jarang digunakan. Ini akan membuat tekanan pada memori berkurang sehingga akan lebih cepat ketika ponsel digunakan.

4. Matikan Live Wallpaper
Jika anda menggunakan live wallpaper atau gambar tampilan depan bergerak / animasi sebaiknya anda gunakan wallpaper biasa, karena live wallpaper secara tidak langsung akan membebani penggunaan RAM pada ponsel android. Pada akhirnya kinerja android akan semakin melambat karena harus terbaginya RAM saat menggunakan aplikasi dan live wallpaper secara bersamaan. 

5. Matikan Multi-Tasking
Apa yang dimaksud dengan multi-tasking? multi-tasking adalah menggunakan aplikasi secara bersamaan pada mode balik layar. Android sendiri memang telah support dengan multi-tasking yang artinya, biarpun android anda kelihatan diam atau pada mode standby rupanya masih saja menjalankan aplikasi yang mungkin tidak anda ketahui dan ini akan mengakibatkan semakin melambat kinerja android karena RAM ponsel bekerja sangat keras. Oleh karena itu, sebaiknya pergunakan aplikasi yang ringan atau aplikasi yang paling dibutuhkan saja. 

6. Matikan Sinkronisasi
Untuk yang terakhir  adalah nonaktifkan sinkronisasi. Jika anda baru menggunakan ponsel android mungkin anda tidak tahu bahwa ponsel android selalu terkoneksi dengan internet untuk sinkronisasi data yang mungkin tidak anda ketahui. Anda bisa melihat icon pada menu Bar android, jika anda melihat ikon sinkronisasi pada ikon tersebut silahkan matikan. Sebab sinkronisasi ini akan mengurangi kinerja android karena membebani RAM juga. 

Cukup sekian artikel kali ini. Semoga artikel di atas bisa menjadi solusi untuk meningkatkan kinerja ponsel android. Terima kasih telah berkunjung.

No comments:

Post a Comment