-

mengulas tips dan trik seputar game, aplikasi, software, dan kehidupan sehari-hari.

Nuk Nuk

LightBlog

TERBARU

Thursday, August 20, 2015

Cara Merekam Layar Android Menjadi Video

Tahukah anda bahwa android yang kita gunakan bisa direkam aktifitasnya? Tentu saja hal ini (lebih dikenal dengan screen record) bisa anda lakukan. Merekam aktifitas layar ponsel android sebagai video adalah salah satu kebutuhan yang dilakukan oleh orang yang ingin berbagi tutorial mengenai android atau pun untuk diupload ke media video online. 

Kegiatan screen record ini bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi, salah satu aplikasi terbaik untuk melakukan screen record adalah Mobizen. Sebenarnya Mobizen merupakan aplikasi android yang memungkinkan untuk menggunakan ponsel dari PC (mirror-nya android). Anda dapat terhubung ke Mobizen melalui USB, Wi-Fi, jaringan 3G atau LTE pada PC, Mac, iPad atau Tablet. Mobizen akan terhubung ke perangkat smartphone anda dengan berbagai jaringan. Namun, Mobizen lebih dikenal karena kemampuannya dalam melakukan screen record atau merekam layar android.

Mobizen

Untuk melakukan perekaman layar (screen record) pada android dengan Mobizen, bisa mengikuti langkah sebagai berikut :
  1. Instal dan aktifkan aplikasi Mobizen terlebih dahulu. (Baca : Cara Mengaktifkan Aplikasi Mobizen pada Android)
  2. Setelah aplikasi jalan, pilih icon kamera / screen record.
  3. Setelah itu akan muncul icon Mobizen di sisi layar ponsel, jika merasa posisinya mengganggu maka bisa dipindahkan ke bawah dengan cara tekan dan geser.
  4. Untuk mulai merekam pilih icon kamera (video) tersebut, jika proses perekaman sedang berjalan akan muncul notifikasi recording. 
  5. Untuk menghentikan proses recording, pilih kembali icon kamera (video) tersebut dan tekan tanda kotak merah (stop).

Selain itu, aplikasi Mobize juga memberikan keluasan untuk mengatur video yang dihasilkan misalnya mengatur FPS, kualitas video yang dihasilkan, sound on/off dan lainnya melalui menu settings.

Cukup sekian untuk tutorial Cara Merekam Layar Android Menjadi Video kali ini. Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk membaca artikel yang lainnya.

No comments:

Post a Comment